Rabu, 11 November 2015

Ujian SBMPTN dan Mandiri 2015

Sekedar untuk kenang-kenangan pernah ikut SBMPTN dan Mandiri tahun 2015.

Untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negri, kita harus menempuh ujian yang diselenggarakan langung oleh negara. Karena biaya perkuliahan negri lebih murah daripada swasta, membuat pengikut ujian ini sangat banyak sekali. Tak hanya itu, kualitas PTN tentunya lebih unggul daripada swata. Dan perusahaan-perusahaan maju lebih memilih pelamar yang lulusan PTN.

Ada 3 jalur pendaftaran di PTN Negri se-Indonesia :
1. SNMPTN (diambil 50%)
2. SBMPTN (diambil 35%)
3. Mandiri (diambil 15%)

1. SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri ini hanya diadakan di SMA saja. SMK tidak ada, apalagi di pondokku. Ujian ini diadakan langsung di tiap sekolah, dilaksanakan sekitar bulan februari. Bagi yang sudah diterima di SNMPTN, mereka akan daftar ulang di tanggal yang telah ditentukan. Biasanya, daftar ulang anak SNMPTN bertepatan dengan diadakannya ujian tulis SBMPTN. 

2. SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri ini diadakan setelah SNMPTN. Ujian ini bisa diikuti oleh semua kalangan, tidak harus anak SMA atau anak yang baru lulus tahun ini, jadi siapa saja boleh ikutan. Persyarataan nya adalah, usia ijasah SMA/Sederajat tidak boleh lebih dari 3 tahun. Pendaftaran SBMPTN pun online, tinggal buka Laman Resmi SBMPTN, disitu tertera semua keterangan dan segala informasi mengenai SBMPTN. Usahakan sebelum mendaftar kita sudah menyiapkan foto resmi 3x4 (boleh hitam-putih atau warna) dalam bentuk file jpg, untuk kita upload di kartu peserta ujian. Ketika kita mendaftar online, kita akan diberikan kode pembayaran ujian untuk kita bayarkan ke Bank Mandiri. Tahun lalu biaya pendaftaran hanya Rp 200 ribu, bisa dibayarkan lewat ATM atupun langsung ke teller bank dengan menunjukkan kode yang diberikan ketika mendaftar online. Setelah kita membayar, barulah kita bisa log in lagi ke pendaftaran online kita itu dan meanjutkan pengisian formulir. Setelah pendafaran selesai semua, kita akan diberikan kartu peserta ujian ketika online tersebut, kalau bisa di save dulu kartu ujiannya, jangan langsung di close ya, karena kita harus mencetak (print) kartu itu dan wajib ditunjukan ketika akan ujian SBMPTN.
Dalam mengikuti ujian SBMPTN, kita diberikan kesempatan memilih 3 jurusan yang kita inginkan. Letakanlah jurusan yang benar-benar kamu niati untuk kuliah di pilihan pertama, karena yang diperioritaskan untuk masuk jurusan tersebut adalah yang memilih pilihan pertama.
Pengumuman ujian SBMPTN biasanya 1 bulan setelah dilaksanakanya ujian, jam 5 sore secara online. Tapi, jika kamu membuka ketika jam itu, server pasti sibuk, karena yang mbuka situs itu adalah calon mahasiswa seluruh Indonesia ! Jadi bukanya agak malem aja atau besok paginya hehehe.

3. Mandiri
Ujian mandiri dilaksanakan sesuai kebijakan PTN masing-masing. Untuk Institut Teknologi Bandung (ITB), mereka tidak membuka ujian mandiri, jadi anak ITB adalah anak yang murni hasil ujian. Biasanya ujian mandiri dilaksanakan di tanggal yang berberda setiap PTN. Pendaftaran pun online, pembayaran juga sama lewat bank, tergantung PTN nya nyuruh kita membayar dimana. Hampir tiap PTN memberikan 2 pilihan jurusan di dalam univ tersebut. Pengumuman ujian mandiri pun cepat, sekitar 1 minggu setelah ujian, tergantung PTN tersebut mau mengumumkan kapan. 



ini kartu pendaftaran ujian mandiriku di Universitas Negri Semarang
ini tempat dimana aku harus ujian
ini wakt aku bimbel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar